Jumat, 19 Juni 2009

Kempek

. Jumat, 19 Juni 2009



Kempek adalah nama sebuah desa di wilayah Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon didekat kota kecil Palimanan yang diapit antara dua jalur besar arah Jakarta dan arah Bandung kurang lebih 15 km sebelah barat kota Cirebon. Kempek inilah yang dijadikan nama Pesantren pada tahun 1908 oleh pendirinya yakni Mbah KH. Harun putra pasangan KH. Abdul Jalil yang berasal dari Pekalongan dengan Nyai Hj. Kamali merupakan seorang perempuan berdarah Sunda dari Kedondong.
Setelah beliau wafat pada tanggal 23 Maret 1935, perkembangan pesantren kemudian dilanjutkan oleh putra dan menantu beliau, yakni KH. Yusuf Harun (putra), KH. Umar Sholeh (putra), KH. Manshur Zubair, Losari (menantu), KH. Zuhdi Ilyas, Surakarta (menantu), K. Muslim,Tegal (menantu), KH. Nashir Abu Bakar, Tegal (menantu), KH. Ma'shum Siroj, Gedongan (menantu), KH. Aqiel Siroj, Gedongan (menantu) dan KH. Hasan Harun (putra).
Untuk mengefektifkan penanganan pendidikan di pesantren sebagaimana yang telah dikembangkan secara berkesinambungan oleh Mbah KH. Harun (tahun 1908 – 1935), KH. Yusuf Harun (tahun 1935 – 1949) dan KH. Umar Sholeh Harun (tahun 1949 – 1999) serta sejak tahun 1999 dipegang oleh putra tunggalnya KH. Nawawi Umar sampai sekarang, maka pada tahun 1960 KH. Aqiel Siroj (merupakan salah satu menantu Mbah KH. Harun dan putra pasangan KH. Siroj dengan Ny. Hj. Fatimah yang masih keturunan Sunan Gunung Jati dan juga pendiri Pesantren Gedongan) mendirikan sebuah majlis yang dikenal dengan Majlis Tarbiyatul Mubtadi-ien (MTM), dan MTM ini merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dari Pesantren Kempek.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Komentar?...

 



Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com